Oscillator FM PLL dengan TTL


Selanjutnya aku buat Osilator PLL dengan IC TTL sekalian encodernya. Hasilnya jauh lebih OK...Audionya bagus banget/ best audio pokoknya.
Namun agak sulit Cari komponen-komponennya ..apalagi di Kota Jombang. Kita harus pesan ke teman2 di Bandung dan Glodok. Menggunakan dua buah oscillator yang di combine. Masing2 pada frekuensi 50 MHz, maka dihasilkan frekuensi 100 MHZ.

VCO akan berosilasi lebih stabil sebab semakin rendah osilator bekerja , frequency drift akibat komponen yang kritis lebih dikurangi. Transistor buffer yang aslinya pakai 2N3866, kita ganti dengan 2SC2053, sedangkan transistor akhir 2N4427 atau 2N3866 diganti juga dengan 2SC1970. Hasilnya juga oke lho, Output sekitar 500 mWatt dengan dummy load 50 Ohm.

Perkembangan terakhir Osilator PLL ini bisa kita kerjakan pada frekuensi 180 MHz. (Ada pesanan dari Kalimantan ). Buat FM Link ( FM repeater ) barangkali. by the way sekarang yang lagi trend di tempat saya, orang lebih suka buat repeater untuk pemancar FM nya
( mungkin teman2 perlu ngebaca Undang - undang Penyiaran...). Dengan Power kecil ( 100Watt misalnya )tapi jangkauannya jauh lebih luas. Lha Main Transmitternya di gunung sih.....Disamping itu studio jelas aman dari "komplain" tetangga, semisal pemancar kita nyeplet / interferensi , TVI misalnya.
Studio yang di kota memancar dengan daya kecil pada frequency link. Sehingga kemungkinan nyepletter kecil.

Suatu ketika, saya dengar cerita dari saudara2 di puncak gunung yang di daerahnya terdapat banyak stasiun link FM, dia kebingungan kenapa kok sulit menerima siaran FM yang jauh - jauh seperti dulu.

Oscillator FM PLL dengan TTL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: agus sutikno

0 komentar:

Post a Comment